Ditulis Oleh Fitri Maulida

Model Atap Rumah Minimalis

Diperbarui

Lagi cari desain atap untuk rumah idaman Anda? Cek rekomendasi model atap rumah minimalis paling keren berikut ini!

Ikuti Kami

Atap merupakan bagian krusial dalam sebuah rumah. Selain berfungsi sebagai pelindung dan penutup bagian atas rumah, atap juga bisa menjadi point interest pada sebuah bangunan.

Benar sekali, dengan banyaknya model atap rumah yang ada saat ini, bagian teratas bangunan ini bisa menambah nilai estetika hunian Anda.

Bahkan, saat ini banyak arsitek yang mulai mengombinasikan beberapa model atap dalam satu bangunan. Tentu dengan tetap mempertimbangkan fungsi dan nilai keindahannya.

Nah, berikut ini beberapa contoh model atap rumah yang banyak dijumpai di Indonesia.

Model Atap Rumah Palang Runcing

model atap rumah minimalis

Model atap palang runcing sedang inn beberapa tahun terakhir. Di mana model atap ini banyak dipilih pada hunian bergaya minimalis.

Selain itu, model palang runcing juga cocok diaplikasikan pada hunian dengan ukuran relatif kecil.

Desain atap miring pada satu sisi akan memberikan kesan luas dan tinggi. Nah, untuk satu sisi lainnya, Anda bisa menggunakan model pelana ataupun atap datar. PIlihan bisa disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri.

Pada contoh desain atap rumah di atas, terlihat kombinasi palang runcing dan pelana di satu sisi. Sehingga, tercipta hunian yang tampak tinggi dan luas.

Model Atap Rumah Pelana Bertingkat

model atap rumah miring

Salah satu model atap yang paling banyak dijumpai pada perumahan di Indonesia adalah pelana. Model ini memiliki ciri bentuk menyerupai pelana kuda.

Yang mana kedua sisi atas memiliki panjang yang sama, dan tingkat kemiringan atap sekitar 30 derajat. Sementara bagian samping berupa segitiga yang terhubung langsung dengan tembok rumah.

Nah, untuk menciptakan kesan hunian yang lebih tinggi, saat ini banyak rumah yang menggunakan model atap pelana bertingkat. Seperti pada contoh di atas, terlihat atap pelana dengan tiga tingkatan.

Model Atap Rumah Palang Runcing dengan Kombinasi Pelana

model atap rumah baja ringan

Tidak jauh berbeda dengan model atap rumah pertama, di sini Anda juga akan mendapati dua kombinasi model, yakni palang runcing dan pelana. Hanya saja, pada hunian bergaya minimalis ini, terdapat sekat di bagian tengah atap.

Sekat ini dapat memberikan kesan hunian yang lebih tinggi dan gagah. Selain itu, Anda juga bisa mengombinasikan model atap datar pada bagian teras.

Model Atap Rumah Limas

model atap rumah 2 lantai bagian depan

Model atap rumah limas ini banyak dijumpai pada hunian bergaya klasik. Namun saat ini, model atap rumah limas juga sudah banyak diaplikasikan pada hunian bergaya minimalis.

Gaya limas juga sangat disarankan untuk hunian dengan luas tanah sempit. Selain dapat memberikan kesan lebih bervolume, atap limas juga akan memberikan elegan dan mewah.

Model Atap Rumah Pelana Susun

model atap rumah bagian depan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, model atap rumah pelana bertingkat atau susun ini banyak dijumpai pada perumahan di Indonesia. Model atap ini juga sangat cocok untuk hunian kecil.

Aksen bertingkat akan memberikan efek hunian yang lebih lebar dan tinggi. Pastinya model atap pelana juga bisa dikombinasikan dengan gaya bangunan minimalis maupun industrial.

Biasanya, atap pelana juga akan menggunakan bagian tambahan, seperti atap datar pada bagian teras dan jendela samping bangunan.

Model Atap Rumah Pelana Latter L Potong

model atap rumah miring satu arah kedepan

Anda memiliki hunian dengan bentuk latter L dan bagian teras yang agak menjorok ke dalam? Model atap pelana latter L dengan bagian teras seperti terpotong ini bisa jadi opsi yang tepat.
Bagian menarik dari model atap ini terletak pada atas teras. Di mana atap tampak terpotong ke dalam dan bagian teras diganting dengan atap datar. Sementara untuk bagian latter L nya bisa menggunakan atap pelana full.

Model Atap Rumah Limas Latter L

model atap rumah sederhana

Rumah dengan model memanjang ke samping dan teras menjorok ke depan juga cocok menggunakan model atap limas. Bagian atap yang tertutup full akan memberikan kesan mewah dan tegas pada hunian.

Paduan konsep klasik yang diperlihatkan dari desain kusen pintu lengkung juga mampu menghasilkan kesan lebih berklas pada desain hunian di atas.

Model Atas Rumah Pelana Kombinasi Datar Latter L

model atap rumah minimalis 2021

Kombinasi model atap pelana dan datar memang sudah banyak ditemui. Namun, biasanya atap datar ini hanya digunakan pada bagian teras.

Nah, pada contoh desain atap rumah minimalis di atas, terlihat atap datar digunakan pada seluruh bagian depan rumah. Sehingga, efek yang dihasilkan adalah bangunan tampak lebih panjang dan modern.

Penggunaan tiang teras pada satu sisi saja juga semakin mempertegas kesan minialis pada hunian tersebut.

Model Atap Rumah Pelana dengan Bagian Teras Model Limas

model atap rumah asbes

Meski perpaduan model atap pelana dan limas sudah popular beberapa tahun lalu, tapi tidak ada salahnya jika Anda tertarik dengan konsep ini.

Perpaduan dua model atap ini bisa diaplikasikan pada hunian yang cukup luas. Sebab, model limas pada bagian teras akan memberikan kesan penuh. Sementara untuk model pelana yang diaplikasikan pada bangunan utama akan memberikan kesan tinggi.

Jadi, jika model ini diaplikasikan pada hunian dengan ukuran besar, akan menghasilkan tampilan yang mewah dan megah.

Model Atap Bertingkat Minimalis

model atap rumah adat

Model atap bertingkat minimalis memang tak pernah salah jika diaplikasikan pada hunian masa kini. Atap pelana bagian tengah yang dibuat lebih tinggi semakin mempertegas hunian modern yang identik dengan bangunan tinggi mungil.

Pada contoh model atap rumah di atas, Anda bisa menambahkan aksen tiang teras yang tingginya hampir mencapai atas. Sehingga bangunan pun akan terlihat lebih kokoh dan minimalis.

Model Atap Rumah Limas dengan Bagian Depan Segitiga Terbuka

model atap rumah alderon

Umumnya, model atap limas dibuat menyerupai perahu yang menurup seluruh bagian atap rumah. Namun, untuk hunian klasik, Anda juga bisa memilih desain atap limas dengan bagian depan berupa segitiga terbuka.

Desain atap seperti ini sebenarnya merupakan kombinasi dari model limas dan pelana. Hanya saja, atap pelana dibuat menghadap ke depan. Sehingga bagian segitiga berada di area teras rumah.

Model Atap Rumah Pelana dengan Balkon Atap

model atap rumah adat bugis

Siapa bilang balkon hanya bisa dimiliki hunian 2 lantai. Kini hunia 1 lantai pun bisa memiliki balkon, tepatnya di bagian tengah atap.

Seperti contoh desain di atas, yang mana hunian mengguakan model atap pelana dengan tingkat kemiringan lebih dari 30 derajat. Tujuannya yaitu agar platfon rumah masih bisa difungsikan sebagai ruangan.

Nah, pada bagian atas atap, Anda bisa membuat ruang terbuka yang difungsikan sebagai balkon atap. Area ini juga bisa digunakan sebagai jalan masuknya cahaya matahari.

Model Atap Rumah Minimalis Latter L

model atap rumah agar tidak bocor

Terakhir ada model atap minimalis latter L. Penambahan atap pelana kecil di bagian samping rumah membuat hunian ini terkesan lebih Panjang.

Selain itu, penggunaan atap pelana dengan tinggi berbeda juga dapat memberikan tampilan akhir yang lebih elegan dan modern.

Beberapa ide model atap rumah di atas bisa jadi referensi Anda. Tentu pemilihan model atap juga harus disesuaikan dengan konsep rumah. Dengan begitu, hunian Anda akan tampak cantik, megah dan elegan.

Tinggalkan komentar