Ditulis Oleh Fitri Maulida

Model Kanopi untuk Dapur Terbuka

Diperbarui

Sempurnakan konsep dapur terbuka milik Anda dengan meniru desain dan model kanopi untuk dapur terbuka paling bagus berikut ini!

Ikuti Kami

Akhir-akhir ini, kanopi untuk dapur terbuka semakin populer. Hal ini beriringan dengan semakin banyak yang menyukai konsep dapur terbuka.

Konsep dapur terbuka sendiri merupakan pengembangan inovasi untuk menjadikan dapur minimalis sebagai tempat favorit dan menyenangkan selain ruang keluarga dan kamar tidur.

Model Kanopi untuk Dapur Terbuka

Konsep dapur terbuka ini umumnya banyak diterapkan di negara-negara Eropa. Hal ini karena pengaruh faktor cuaca, iklim dan kebiasaan orang luar.

Namun di Indonesia sendiri tidak sedikit yang menggunakan konsep dapur terbuka ini.

Konsep dapur terbuka juga memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan dapur biasa. Misalnya mengurangi penyebaran asap ketika memasak.

Selain itu juga bisa menambah nilai estetika dan keunikan pada sebuah hunian. Konsep dapur ini juga cocok diaplikasikan untuk gaya rumah apa saja, dari minimalis hingga modern.

Kanopi bisa menjadi pilihan tepat sebagai atap dapur. Apalagi jika Anda memiliki budget yang terbatas.

Kanopi untuk dapur terbuka sendiri memiliki daya tahan yang cukup baik untuk menahan paparan sinar matahari.

Nah, jika Anda saat ini sedang mencari ide desain kanopi untuk dapur terbuka, berikut ini Arzitek pilihkan untuk Anda.

1. Kanopi Kaca

Kanopi untuk Dapur Terbuka
https://temonggo.com/

Menggunakan kanopi kaca untuk dapur terbuka bisa menjadi pilihan pertama. Kanopi kaca akan membuat ruangan dapur tampak lebih luas dan besar.

Tidak hanya menambah unsur estetik pada dapur, tetapi juga dapat digunakan sebagai iluminator. Sehingga Anda tidak perlu menyalakan lampu dan tentunya bisa menghemat daya listrik.

Kanopi kaca juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik. Jika cuaca lagi bagus, Anda akan merasakan kesegaran suasana rung terbuka dan tentunya akan menambah mood positif saat memasak.

Untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, Anda bisa melapisi kaca dengan bahan buram untuk mengurangi transparansi kaca.

2. Kanopi Polikarbonat

kanopi polikarbonat
arafuru.com

Pilihan kedua untuk menutup dapur terbuka Anda adalah dengan kanopi berbahan polikarbonat.

Jenis kanopi ini memiliki bahan yang transparan dan Anda masih bisa merasakan hangatnya sinar matahari. Ini dikarenakan bahan polikarbonat kurang kebal terhadap paparan sinar matahari.

Harganya yang murah membuat kanopi ini sering dijadikan alternatif lain dari kanopi kaca.

Selain itu, kanopi polikarbonat juga mudah dalam hal perawatan. Anda cukup menyemprotkan air sabun ke area yang kotor lalu mengguyurnya dengan air. Perawatan secara teratur akan mencegah munculnya jamur.

Jika Anda tertarik menggunakan kanopi ini, pastikan memiliki jenis polikarbonat dengan anti UV supaya warnanya tidak kuning.

3. Kanopi Baja Ringan

Sifatnya yang kuat, ringan dan anti karat bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mencari kanopi untuk dapur terbuka.

Kelebihan lain dari baja ringan adalah mudah dipasang dan dibentuk sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk harga juga tergolong murah. Dan Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus karena sifatnya tadi.

4. Kanopi Kayu

kanopi kayu untuk dapur terbuka
www.alfaforni.com

Untuk Anda yang menyukai konsep natural, bisa menggunakan kanopi berbahan kayu. Kanopi kayu bisa memberikan kesan minimalis tetapi megah.

Bahan kayu juga tergolong awet karena memang sifatnya yang resistan terhadap cuaca ekstrim. Sehingga Anda tidak perlu menggantinya terlalu sering.

Untuk menambah kesan natural, sebaiknya tambah dekorasi dengan properti lain, misalnya tanaman rambat dan bunga-bunga hias di sekelilingnya.

Selain itu, gunakan juga alat-alat dapur yang terbuat dari bahan kayu supaya lebih padu dengan kanopinya,

5. Kanopi Spandek/Zincalume

Kanopi Spandek
medankanopi.web.id

Rumah Anda berada di dekat pantai? Gunakan saja kanopi jenis spandek ini untuk dapur terbuka Anda. Karena desain dari kanopi ini tahan terhadap korosi.

Namun kanopi spandek memiliki sifat memantulkan panas pada ruang bawahnya, sehingga ruangan terasa lebih panas.

Untuk menyiasatinya, gunakan lapisan aluminium foil supaya ruang dapur terasa lebih sejuk dan adem.

Kanopi spandek merupakan campuran dari aluminium dan seng sehingga daya tahannya sangat kuat. Bahkan ada yang berpendapat ketahanannya bisa mencapai 30 tahun.

Jika dibandingkan dengan kanopi polikarbonat, harga dari spandek lebih murah sehingga sangat pas untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas.

Itulah beberapa model kanopi untuk dapur terbuka yang bisa Anda pilih. Masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tinggalkan komentar